Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik interior hunian Anda. Salah satunya adalah memberikan perhatian ekstra kepada langit-langit di dalam rumah. Meskipun biasanya langit-langit “dianaktirikan” dalam hal dekorasi interior, sebenarnya langit-langit bisa memberikan efek signifikan bagi aestetika hunian, lho! 

Kalau begitu, bagaimana caranya meningkatkan nilai estetika interior, terutama langit-langit? Anda bisa coba menyegarkan kembali langit-langit rumah dengan memasang plafon PVC. Akan tetapi bukannya plafon PVC paling sering digunakan untuk gedung, hotel, atau restoran mewah saja, ya? Meski begitu, bukan berarti plafon PVC tidak bisa digunakan untuk hunian.


Mengenal Plafon PVC


Dibandingkan plafon PVC, sebenarnya masyarakat di Tanah Air lebih sering memanfaatkan plafon dari triplek atau gypsum untuk langit-langit. Sedangkan plafon PVC lebih umum ditemui di tempat-tempat komersial, terutama yang sengaja didesain dengan kesan mewah dan berkelas seperti yang sudah disinggung di atas.

Lantas, apa itu plafon PVC, ya? PVC sendiri merupakan singkatan dari polyvinyl chloride, yaitu jenis polimer yang paling dikenal sebagai material pipa air. Dan untuk plafon, jenis PVC yang digunakan sebenarnya berbeda. Ditambah lagi, plafon PVC juga ada yang kaku dan ada pula yang fleksibel. Jenis plafon PVC yang fleksibel inilah yang paling direkomendasikan untuk langit-langit mengingat karakteristik materialnya yang ringan namun kuat.

Di pasaran, Anda bisa temukan beragam jenis plafon PVC yang ada yang bebas untuk Anda eksplorasi, termasuk dari segi motif maupun warnanya. Dan inilah alasan lain mengapa plafon PVC merupakan pilihan yang sangat layak untuk dipertimbangkan ketika Anda sudah berencana untuk mendesain ulang interior hunian dengan memberikan sentuhan spesial pada langit-langit.

Banyaknya pilihan warna dan motif plafon PVC berarti Anda bisa menemukan pilihan yang sesuai dengan preferensi Anda dalam hal dekorasi. Artinya, Anda bisa pilih plafon PVC dengan warna atau motif apapun sesuai selera maupun tema dekorasi interior ruangan Anda.

Tak hanya itu saja, alasan lain mengapa plafon PVC merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan juga berkaitan erat dengan segi keamanan Anda dan keluarga di rumah. Soalnya, PVC sendiri merupakan material yang tahan api, tepatnya material polimer di dalamnya. Oleh karena itu, plafon PVC tidak akan mudah terbakar.

Di samping itu, plafon PVC juga tidak akan membuat api jadi merambat ke penjuru rumah saat terjadi kebakaran, alias flame retardant. Makanya ruangan dengan plafon PVC pada langit-langitnya juga tidak cepat terasa panas atau gerah, karena plafon PVC ini sendiri tidak cepat panas meskipun berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang terbilang lama sekalipun. Jadi, Anda bisa memasangnya untuk ruangan indoor maupun outdoor.

Bicara soal pemasangan plafon PVC di area outdoor, Anda pun tak perlu khawatir soal risiko kerusakan karena kelembapan atau air hujan. Mengingat PVC pada dasarnya juga merupakan salah satu jenis plastik, plafon PVC jelas tidak akan lapuk, berjamur, ataupun berlumut. Lebih jauh lagi, ini juga berarti bahwa risiko kerusakan plafon PVC sangat minim, kan?

Cari Toko Plafon PVC Terdekat


Sebagai salah satu opsi penghias langit-langit yang punya banyak keunggulan, tak heran jika akhirnya makin banyak pemilik rumah yang kemudian mempercantik hunian mereka dengan plafon PVC. Hal ini juga berarti Anda bisa temukan banyak toko bangunan yang menyediakan plafon PVC dengan mudah.

Bingung mau mulai mencari dari mana? Coba ikuti beberapa poin di bawah ini sebagai panduan Anda, ya!

· Buat daftar toko bangunan yang ada di kota Anda.


Di era digital saat ini, Anda sudah tak perlu lagi harus repot-repot berkeliling kota dan mendatangi setiap toko bangunan satu per satu, yang pasti buang waktu dan tenaga Anda. Soalnya, Anda bisa manfaatkan internet untuk menemukan toko bangunan yang ada di kota Anda. Cukup googling dengan kata kunci “toko bangunan” atau “jual plafon PVC”, Google akan memberikan daftar toko yang dirasa relevan dengan pencarian Anda.

Di samping itu, Anda juga bisa coba cara yang sedikit analog: bertanya langsung kepada orang-orang di sekitar Anda. Misalnya teman, saudara, atau tetangga yang pernah memasang plafon PVC di rumah mereka. Cara ini juga bisa jadi alternatif jika Anda merasa lebih yakin dengan mendengar testimoni langsung dari orang yang Anda kenal dan bisa Anda percaya.

· Pertimbangkan jarak toko dengan lokasi Anda.


Jika Anda sudah membuat daftar toko bangunan, langkah berikutnya adalah mengelompokkan berdasarkan lokasi atau area. Dengan begitu, Anda bisa mengidentifikasi mana saja toko yang jaraknya paling dekat dan paling jauh dari rumah.

Mengapa? Karena makin jauh jaraknya, tentu waktu yang Anda butuhkan untuk perjalanan pulang-pergi dari rumah ke toko bangunan jelas lebih lama. Belum lagi biayanya, terutama jika Anda berencana untuk meminta toko mengirimkan plafon PVC ke rumah atau menggunakan jasa kurir – makin jauh jaraknya, makin mahal pula biaya pengirimannya, kan?

Akan tetapi, kembali pertimbangkan budget Anda juga. Jika biaya perjalanan atau pengiriman plafon PVC pesanan Anda masih sesuai dengan budget yang Anda punya, rasanya tak ada masalah yang perlu Anda pertimbangkan ulang.

· Pertimbangkan jasa pemasangan plafon PVC.


Poin ini tidak wajib dan tidak perlu Anda prioritaskan, namun tentu akan lebih mudah dan praktis jika Anda bisa sekaligus mendapatkan jasa pemasangan plafon PVC juga. Anda bisa pastikan dulu dengan pihak toko bangunan soal apakah mereka menyediakan jasa ini atau tidak. Kalau iya, tanyakan juga biaya pemasangan net alias biaya bersih.

Plafon PVC sendiri sebenarnya terbilang mudah dipasang, dan bahkan Anda juga bisa mencoba memasangnya sendiri. Soalnya, plafon PVC umumnya dipasang dengan sistem knock-down alias bongkar-pasang. Kalau Anda bisa memasangnya sendiri, jelas Anda bisa berhemat juga, kan? Meski begitu, sebaiknya Anda serahkan tugas ini kepada ahlinya saja jika Anda tidak yakin dan belum berpengalaman daripada terjadi hal-hal tak diinginkan yang malah membuat Anda harus keluar biaya tak terduga.

Beli Plafon PVC Berkualitas untuk Hunian Anda


Untungnya, sebenarnya Anda tak perlu repot-repot lagi mencari toko bangunan yang juga menyediakan plafon PVC, apalagi jika Anda berada di Purwakarta. Soalnya, TB Raja Plafon PVC selalu siap menyediakan kebutuhan perlengkapan bangunan, renovasi, dan interior hunian Anda, termasuk jika Anda sedang mencari plafon PVC untuk meningkatkan daya tarik interior rumah.

Sebagai Distributor Plafon PVC Purwakarta, Anda jelas bisa temukan banyak pilihan plafon PVC di sini, baik dari segi warna, ukuran, ketebalan, motif, sampai harga. Cukup hubungi staf kami dan sampaikan kebutuhan Anda, kami siap berikan opsi dan solusi yang pas sesuai dengan budget, selera, maupun kebutuhan Anda.

Itulah rangkuman informasi mengenai plafon PVC. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!