Plafon PVC (polyvinyl chloride) merupakan salah satu jenis material untuk langit-langit yang saat ini makin umum digunakan, baik itu di dalam bangunan komersial maupun rumah tinggal. PVC sendiri adalah material plastik yang kuat dan ringan, serta memiliki beragam pilihan dari segi warna, desain, ukuran, maupun panjangnya. 

Di pasaran, plafon PVC dijual dalam bentuk lembaran panel dengan permukaan yang halus. Karena PVC sendiri merupakan jenis plastik sehingga tentu saja material ini tahan air, plafon PVC bisa jadi alternatif pengganti plafon langit-langit seperti gypsum ataupun triplek. Apalagi jika Anda berencana memasangnya di ruangan yang cenderung lembap seperti basement, kamar mandi, dan balkon.



Mengapa Memilih Plafon PVC?


Dari rangkuman singkat di atas, Anda barangkali sudah bisa menyimpulkan mengapa plafon PVC jadi pilihan yang semakin populer saat ini. Akan tetapi, sebenarnya masih ada banyak lagi alasan mengapa Anda perlu memilih plafon PVC untuk langit-langit rumah Anda.

Apabila Anda masih ragu memilih plafon PVC, simak dulu poin-poin di bawah mengenai keunggulan plafon PVC beserta penjelasannya.

Tahan lama.


PVC sendiri merupakan material yang sangat kuat dan tahan lama. Maka dari itu, tak heran kalau plafon PVC juga memiliki keunggulan yang sama. Bahkan plafon PVC bisa tahan selama bertahun-tahun dan masih dalam kondisi yang bagus – tidak melengkung dan tidak juga mengkerut. Dan tak seperti plafon triplek maupun gypsum, plafon PVC tidak kaku, tidak mudah patah, dan berisiko kecil mengalami kerusakan saat dipasang.

Lebih efisien secara biaya.


Kalau sekadar melihat harga belinya saja, plafon PVC boleh jadi terlihat lebih mahal. Akan tetapi, jika Anda mempertimbangkan faktor usia penggunaan hingga kualitas plafon PVC yang kuat, sebenarnya plafon PVC merupakan solusi yang lebih efisien dari segi biaya. Ketika plafon triplek dan gypsum yang lebih murah jauh beresiko rusak karena lembap, bocor, ataupun patah, plafon PVC akan tetap berada dalam kondisi serupa seperti kondisinya ketika baru saja dipasang hingga bertahun-tahun kemudian.

Proses pemasangan yang sangat mudah.


Alasan lain yang membuat plafon PVC unggul adalah pemasangannya yang sangat mudah. Ketika Anda membelinya dalam bentuk lembaran panel, pemasangan plafon PVC umumnya cukup menggunakan metode knock-down alias bongkar-pasang. Bahkan, pemasangannya pun bisa Anda lakukan sendiri, lho!

Dan jika ada area di langit-langit yang butuh bentuk khusus atau mengharuskan Anda memotong panelnya, plafon PVC bisa Anda potong dan bentuk dengan mudah – tambahan lagi, plafon PVC tidak menimbulkan debu selama pemasangan!

Material plafon yang ringan.


Meskipun kuat dan tahan lama, rupanya plafon PVC punya bobot yang ringan, lho! Bahkan plafon PVC sebenarnya merupakan salah satu jenis material paling ringan yang digunakan untuk langit-langit. Karena itulah plafon PVC tidak merepotkan saat diangkut ke dalam kendaraan untuk diantar ke rumah ataupun Anda bawa pulang sendiri. Beratnya yang ringan juga jadi alasan mengapa jenis plafon langit-langit yang satu ini mudah dipasang.

Perawatan mudah dan praktis.


Tak hanya pemasangannya saja yang mudah, perawatan plafon PVC pun sama mudahnya. Anda bahkan tidak membutuhkan cat pelapis, cat, maupun pernis (varnish) khusus untuk menjaga kondisi maupun penampilannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengelap permukaan plafon PVC dengan lap lembap atau air sabun dan spon dari waktu ke waktu. Bagi Anda yang punya ruangan dengan langit-langit tinggi, usaha ekstra Anda kemungkinan besar hanya sebatas menaiki tangga agar bisa membersihkan langit-langit, kan?

Tahan lembap.


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, plafon PVC terbuat dari material plastik yang tentu saja tahan air. Karena PVC sendiri juga tidak berpori, artinya plafon PVC tidak bisa menyerap air. Oleh karena itu, lingkungan yang lembap sama sekali tidak jadi masalah. Tak hanya itu saja, plafon PVC juga tidak bisa menjadi sarang bagi jamur maupun lumut, yang merupakan salah satu masalah umum yang dipicu oleh lingkungan lembap. Dan karena plafon PVC tidak terpengaruh oleh air ataupun kelembapan, warnanya tentu tidak akan berubah menguning seperti halnya plafon gipsum yang lembap.

Tips Memilih Plafon PVC untuk Hunian Anda


Bagaimana, apakah Anda sudah mantap memilih plafon PVC untuk mempercantik langit-langit rumah Anda? Kalau iya, langkah berikutnya adalah membeli plafon PVC sesuai kebutuhan Anda dan ruangan. Untuk membantu Anda memilih plafon PVC yang tepat, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

Tentukan jumlah dan ukuran plafon yang dibutuhkan.


Untuk menentukan ukuran plafon yang Anda butuhkan, Anda perlu ukur dulu area langit-langit yang akan dipasangi plafon. Kemudian Anda bisa sesuaikan jumlahnya sesuai ukuran lembaran panel plafon PVC yang dijual di pasaran. Di samping itu, pertimbangkan pula ketebalan panel plafon PVC yang sesuai untuk ruangan Anda.

Pilih plafon PVC dengan merek berkualitas.


Meskipun Anda jadi harus keluar biaya ekstra, memilih plafon PVC dari merek yang sudah terbukti kualitasnya adalah investasi yang penting. Jika kualitasnya tinggi, bisa dipastikan bahwa plafon PVC tersebut jauh lebih awet, kuat, dan tahan lama. Di samping itu, adanya jaminan kualitas yang lebih tinggi tentu juga bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan di dalam diri Anda saat pemasangan sampai akhirnya langit-langit digunakan hingga bertahun-tahun kemudian.

Kebutuhan material atau alat tambahan saat pemasangan.


Meskipun pada dasarnya pemasangan plafon PVC sangat mudah dilakukan, ada jenis di pasaran yang pada dasarnya bisa langsung dipasang, dan ada juga yang masih membutuhkan alat tambahan agar bisa dipasang.

Terlepas dari apakah panel plafon PVC yang Anda pilih hanya tinggal dipasang atau tidak, kualitas pemasangannya sendiri sebenarnya sangat bergantung juga pada kualitas pemasangan oleh tukang. Idealnya, jangan sampai ada rongga pada sambungan panel plafon untuk tampilan yang lebih rapi sekaligus mencegah masuknya debu yang bisa terus-terusan menumpuk.

Alat tambahan yang biasanya dibutuhkan saat pemasangan plafon PVC adalah lem perekat. Secara garis besar, ada lem perekat bening dan lem perekat hitam untuk pemasangan plafon PVC. Pemilihan jenis lemnya perlu Anda sesuaikan dengan warna panel plafon yang Anda pasang. Sebagai contoh, lem perekat hitam sebaiknya tidak dipasangkan dengan plafon berwarna terang.

Temukan Plafon PVC di Toko Terdekat


Lantas, di mana Anda bisa mendapatkan plafon PVC berkualitas untuk hunian Anda? Bagi Anda yang tinggal di Purwakarta, TB Raja Plafon PVC siap menyediakan plafon PVC berkualitas sesuai kebutuhan, selera, dan budget Anda. Sebagai Distributor Plafon PVC Purwakarta, kami tentu saja hanya menyediakan plafon berkualitas yang terjamin awet, kuat, serta tahan lama.

Keindahan desainnya tentu akan bertahan selama bertahun-tahun di dalam ruangan Anda, sehingga memberikan sentuhan estetik yang abadi bagi hunian yang aman, nyaman, dan menawan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi kami dan temukan plafon PVC terbaik!