Ketika plafon rumah terlihat sudah memiliki noda atau bercak, bisa saja itu sedang terjadi kebocoran. Baik itu bocor yang disebabkan air hujan maupun saluran pipa air. Pada saat rumah mengalami kebocoran, nantinya berdampak dengan terlihat di plafon yang timbul noda atau jamur. Bahkan, bila dibiarkan begitu saja plafon akan mudah jebol. Sudah saatnya Anda harus melakukan renovasi plafon rumah dengan menggunakan TB Raja Plafon PVC.

Apa Itu Plafon Rumah ?


Plafon atau juga sering disebut dengan langit-langit adalah permukaan interior atas yang berhubungan langsung dengan bagian dari sebuah ruangan. Hal ini berupa permukaan yang menjadi “lantai” yang berasal dari struktur atap pada ruangan.

Fungsi Plafon Pada Sebuah Rumah


 

Sebagai bagian yang memang tidak bisa terpisahkan pada sebuah ruangan, plafon mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :

  • Menjaga ruangan yang ada di bawah atap selalu bisa terlihat bersih dan tidak terlihat rangkanya.
  • Bisa menahan kotoran yang berasal dari bidang atap dari celah-celah genteng.
  • Membantu untuk menahan percikan air ketika hujan.
  • Efektif dalam mengurangi panas sinar matahari yang berasal dari bidang atap.

Jenis – jenis Plafon Rumah


Sebelum Anda nantinya datang ke distributor plafon PVC lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis plafon rumah. Jenis – jenis tersebut nantinya akan dibedakan dari bahan yang digunakan:

1. PVC


PVC singkatan dari polyvinyl chloride, umumnya dijual pada distributor plafon PVC Jakarta dalam keadaan tinggal memasang dan memiliki banyak kelebihan tahan dengan air, ringan, lentur, tahan lama dan banyak pilihan warna.

Plafon satu ini dapat digunakan pada bangunan-bangunan seperti sekolah maupun rumah sakit. Namun, banyak rumah yang sudah menggunakan plafon PVC satu ini.

2. Plafon Triplek


Plafon yang menggunakan bahan satu ini umumnya memiliki harga yang relatif murah. Selain itu, plafon ini juga memiliki sifat fleksibel, ringan, dan memiliki ketebalan 2 - 5 mm. Kelebihan dari bahan ini yaitu, murah, mudah dipasang, mudah dibentuk, bisa menopang beban ringan, dan dapat dijadikan tumpuan.

3. Metal


Plafon metal memiliki keseluruhan panel yang terbuat dari baja maupun lempengan metal tipis. Baja ini nantinya akan diembos dan dicetak ke dalam berbagai ukuran dan juga motif, dengan finishing cat minyak yang beragam warna. Kelebihannya mudah ditemukan di distributorplafon PVC Bekasi, tahan air, tahan rayap, tahan api, awet, tahan benturan dan memiliki banyak motif.

Tips Renovasi Plafon Rumah Paling Efisien dan Efektif 

 

Jika akan melakukan renovasi plafon rumah, pastikan lakukan dengan efektif dan efisien. Hal ini akan membuat pengeluaran tidak berlebih dan lebih hemat. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan :

1. Segera renovasi jika sudah terlihat ada kerusakan


Masalah paling sering terjadi pada sebuah plafon adalah adanya kebocoran. Hal ini membuat plafon bergelombang dan permukaannya berlumut. Jika tidak cepat mendapat penanganan, maka kerusakan akan meluas dan mempengaruhi bagian yang plafon lainnya.

2. Lakukan renovasi sesuai dengan kerusakannya


Jangan mengganti plafon secara keseluruhan bila menemukan kerusakan. Terlebih dahulu periksa kerusakan yang terjadi. Jika tidak terlalu parah dapat di atasi sendiri, tanpa harus mengganti keseluruhan pada bidang plafon.

Misalnya, bila ada noda dari rembesan air, maka berikan lapisan cat minyak sesuai jenis plafon. Tunggu hingga kering kemudian pakai cat yang sesuai dengan warna asli dari plafon. Untuk jenis plafon tertentu yang berlumut bisa dibersihkan menggunakan amplas agar noda hilang. Lalu berikan cat minyak berwarna putih dan lapisi kembali dengan cat warna asli dari plafon.

3. Periksa dan perbaiki sumber masalah di plafon


Sebelum nantinya Anda mencari distributor plafon PVC Jakarta Timur, periksa terlebih dulu penyebab plafon rusak sebelum dilakukan renovasi atau perbaikan pada kerusakan plafon. Jika di atas plafon terdapat pipa air, maka periksalah sambungannya adakah indikasi pipa rusak atau bocor.

Selain itu, periksa kondisi atap dari atap rumah, kemungkinan ada atap bocor yang mengakibatkan air hujan masuk atau merembes sampai menembus plafon. Biasanya kebocoran ini adalah penyebab plafon rusak yang sering terjadi. Jika akar permasalahan diperbaiki, kerusakan kembali di plafon bisa untuk dicegah.

Cara Memilih Plafon Rumah


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih plafon pada distributor plafon PVC Purwakarta yang cocok untuk hunian Anda, antara lain adalah :

1. Memperhatikan jenis plafonnya


Inilah pentingnya untuk memahami jenis-jenis plafon yang ada terlebih dahulu. Anda nantinya hanya tinggal memertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, sebelum menentukan kira-plafon mana yang paling cocok untuk dibeli pada distributor plafon PVC terdekat.

2. Perhatikan ketinggian Langit – langit rumah


Indonesia mempunyai iklim tropis yang cenderung panas dengan sinar matahari yang menyengat, itu pentingnya memastikan hal-hal dalam pembuatan ventilasi, memperbanyak bukaan di rumah dan pembuatan plafon yang tinggi. Plafon yang tinggi bisa membantu kelancaran sirkulasi udara.

Hal ini bisa menurunkan dan mendinginkan suhu ruangan yang ada di dalam rumah.

Tinggi plafon ideal di Indonesia adalah 3 meter dari permukaan lantai. Idealnya tinggi plafon ini bisa menjauhkan sumber radiasi panas dari kepala. Selain itu, panas yang diserap oleh tubuh juga bisa berkurang.

3. Menentukan warna yang pas


Warna plafon yang paling banyak dipilih oleh kebanyakan orang adalah putih, karena ini memang bisa memberikan kesan yang lapang, terang, dan bersih. Selain itu, untuk plafon yang rendah, warna terang seperti putih, biru muda, dan juga hijau akan sangat cocok untuk digunakan.

Sedangkan untuk plafon-plafon yang tinggi akan mempunyai kebebasan dalam hal pengaplikasian warna. Jangan lupa untuk memadupadankan warna plafon dengan cat tembok rumah yang Anda gunakan.

Kesimpulan


Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan renovasi pada plafon rumah, sebaiknya terlebih dahulu selalu memperhatikan beberapa tips yang ada di atas. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan material plafon rumah yang nantinya akan digunakan. Material plafon ini akan memberikan pengaruh pada kekuatan dan keawetan. Material yang digunakan pada struktur sebuah bangunan juga memiliki peran dalam ketahanan bangunan. Renovasi plafon yang paling tepat dan sesuai memang akan jauh lebih efektif dan juga efisien.

Itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan plafon rumah, dimulai dari fungsinya, jenis, sampai tips ketika akan melakukan pemilihannya. Pada dasarnya, semua plafon pasti akan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, Anda harus bisa untuk menyesuaikan profil bangunan serta budget yang Anda miliki dengan plafon yang paling tepat untuk rumah Anda. Plafon rumah ini nantinya juga dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda dan paling cocok agar bisa menambah nilai estetika pada interior rumah Anda.