Plafon PVC merupakan salah satu produk yang kini semakin dikenal dan digunakan untuk melengkapi sebuah rumah. Plafon berbahan PVC yang merupakan salah satu plastik polimer ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bahan – bahan plafon lain yang sebelumnya lebih sering digunakan. Salah satunya adalah kebutuhan merawat dan pemeliharaan plafon PVC yang minimal sehingga tidak merepotkan penggunanya. 


-

Polimer plastik PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan salah satu jenis polimer plastik yang paling umum digunakan. Bahan ini sebelumnya lebih dikenal sebagai bahan pipa air, akan tetapi bahan ini semakin banyak dipakai untuk membuat beragam produk untuk kebutuhan bangunan. Hal tersebut dikarenakan PVC memiliki sifat – sifat yang unggul terkait kekuatan yang cukup bisa diandalkan dan usia pakai yang panjang.

Bahan PVC yang digunakan sebagai plafon sedikit berbeda dari PVC yang dipakai untuk pipa air. PVC untuk pipa air merupakan jenis kaku yang lebih tahan terhadap benturan dan kadang disebut dengan UPVC. Sedangkan PVC yang digunakan untuk bahan plafon merupakan PVC fleksibel atau placticised PVC yang memiliki sifat lebih lentur dan ringan.

Mengenal PVC Sebagai Solusi Plafon Rumah


Plafon rumah dengan bahan PVC bisa ditemukan dalam beberapa jenis atau tipe. Pengguna atau pemilik rumah memiliki cukup keleluasaan dalam memilih bahan PVC yang seperti apa untuk digunakan sebagai plafon yang sesuai dengan kebutuhan fungsi ataupun estetika rumah.

Aneka ragam jenis plafon ini bisa diperoleh melalui Distributor Plafon PVC Purwakarta yang beragam produk bahan plafon. Varian bahan plafon PVC ini memungkinkan untuk digunakan pada beragam jenis desain rumah.

Salah satu jenis plafon PVC yang bisa dijadikan pilihan adalah plafon PVC dengan motif kayu. Jenis plafon PVC ini bisa digunakan untuk rumah yang memiliki desain natural klasik hingga rustic dengan banyak elemen berbahan kayu. Terdapat beberapa pilihan model plafon PVC yang memiliki motif kayu seperti flat doff rosewood, walnut rose ataupun flat glossy brown wood grain.

Pilihan jenis lain yang bisa digunakan adalah plafon PVC dengan motif garis. Jenis plafon ini bisa digunakan untuk rumah – rumah berdesain modern atau minimalis yang cenderung minim motif atau corak. Meski tidak memiliki corak pada bagian permukaannya, plafon PVC jenis ini bisa menghasilkan pola – pola tertentu dalam praktek penggunaannya. Jenis plafon ini juga bisa ditemukan dalam beberapa tipe seperti silver hybrid, red peach hybrid atau hologram line.

Produk plafon PVC tersebut bisa diperoleh melalui TB Raja Plafon PVC yang menyediakan aneka ragam bahan dan produk plafon PVC berkualitas. Mendapatkan produk plafon PVC dari vendor terpercaya menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kualitas produk plafon yang digunakan.

Kekurangan dan Kelebihan Plafon PVC Dibanding Bahan Lain


Penggunaan plafon PVC memang memiliki cukup banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis bahan – bahan lain yang sebelumnya lebih umum digunakan sebagai bahan plafon. Meskipun begitu, bahan ini juga memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan bahan – bahan yang lain.

Kekurangan plafon PVC antara lain adalah :


1. Bahan plastik PVC terbilang tidak mudah untuk didaur ulang.

2. Bisa terlihat kurang menarik jika tidak dipasang dengan baik dan salah dalam memilih motif atau warna.

3. Membutuhkan teknik pemasangan yang teliti untuk memastikan kekuatan dan kerapian pemasangan plafon.

4. Biaya tukang yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pemasangan bahan plafon yang lain. 

Kelebihannya


Sedangkan kelebihan yang dimiliki oleh plafon PVC antara lain adalah :

1. Memiliki sifat anti air dan anti rayap sehingga lebih awet jika dibandingkan dengan bahan – bahan lain.

2. Usia pakai yang panjang sehingga bisa bertahan digunakan selama puluhan tahun, terlebih lagi dengan melakukan cara pemeliharaan plafon PVC yang tepat.

3. Bobot yang ringan sehingga hanya sedikit membutuhkan struktur rangka untuk pemasangannya.

4. Kuat dan elastis sehingga tidak mudah pecah ketika mengalami goncangan ataupun benturan.

5. Mudah dalam pemeliharaan dan tidak membutuhkan biaya besar.

Meski terbuat dari bahan yang tidak terpengaruh oleh air, kelembapan, keasaman ataupun efek garam, akan tetapi plafon PVC tetap membutuhkan perawatan agar terlihat baik dan memperpanjang usia pakainya. Kemudahan pemeliharaan Plafon PVC menjadi salah satu kelebihan utama yang melekat pada bahan tersebut.

Tips Merawat dan Memelihara Plafon PVC


Cara merawat dan pemeliharaan Plafon PVC terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan tukang atau jasa pemeliharaan bangunan. Beberapa sifat yang melekat pada plafon PVC seperti anti air, tidak terpengaruh oleh reaksi kimia hingga kelenturan yang tinggi menjadi beberapa alasan yang memudahkan teknis pemeliharaan.

Berikut ini beberapa tips merawat plafon PVC yang bisa langsung dilakukan oleh pengguna plafon jenis tersebut :

1. Membersihkan Plafon Secara Rutin


Hal sederhana tetapi sangat penting dalam hal perawatan plafon PVC adalah membersihkan secara berkala. Membersihkan plafon secara berkala dengan frekuensi tidak terlalu lama bisa mencegah kotoran yang melekat menyebabkan plafon terkena noda dari kotoran tersebut.

Selain bertujuan untuk merawat plafon, membersihkan plafon PVC secara rutin juga bertujuan untuk membuat plafon tetap terlihat indah dan membuat ruangan tidak terkesan kotor.

2. Segera Perbaiki Kebocoran Atap


Meksipun plafon PVC memiliki sifat tahan terhadap air, akan tetapi kebocoran yang terjadi pada atap yang ada di atas plafon juga harus segera diperbaiki. Air yang mengenai plafon secara terus menerus dan tanpa disadari menimbulkan genangan di atas plafon bisa menyebabkan kerusakan pada rangka yang mengikat plafon lebih cepat rusak.

Jika di atas plafon terdapat banyak kotoran berupa debu ataupun material lain dan menjadi basah karena air maka plafon dan rangka harus menyangga beban yang lebih berat. Hal tersebut berisiko membuat plafon atau rangka lebih cepat rusak.

Permasalahan dan kebutuhan perawatan insidentil pada plafon PVC juga bisa dicegah sejak awal dengan melakukan pemasangan yang benar. Pemasangan plafon yang tidak teliti atau asal – asalan akan meningkatkan risiko plafon lebih cepat rusak atau mengalami permasalahan. Karena alasan inilah memilih tukang pasang plafon PVC merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan pertimbangan pilihan yang matang.

Hal lain yang bisa mengurangi beban perawatan ataupun kebutuhan perbaikan pada plafon PVC adalah dengan memilih bahan plafon yang memiliki kualitas baik. Pertimbangkan faktor kualitas dan juga merek bahan plafon PVC yang akan digunakan. Hindari menggunakan bahan plafon yang murah dengan kualitas kurang baik karena akan menimbulkan kerepotan dan kebutuhan perawatan yang lebih banyak di masa mendatang.

Itulah beberapa hal tentang merawat dan pemeliharaan plafon PVC yang sebaiknya diketahui oleh calon konsumen yang ingin memasang plafon berbahan PVC. Pemahaman yang baik dan keputusan yang tepat bisa memudahkan pengguna dalam merawat plafon sekaligus memperpanjang usia pakai plafon PVC yang digunakan.