Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk memberikan perhatian ekstra bagi langit-langit rumah? Kalau belum, ide ini sangat layak untuk Anda coba, lho! Apalagi jika Anda ingin menyegarkan tampilan interior hunian, tapi budget Anda terbatas. Karena daripada mengecat ulang ruangan yang butuh tenaga ekstra atau mengganti furnitur yang jelas makan biaya, sentuhan sederhana ke langit-langit bisa memberi efek yang signifikan.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menyegarkan langit-langit dan interior rumah adalah dengan memasang plafon PVC. Meskipun jenis plafon langit-langit ini lebih umum ditemui di area komersial seperti hotel dan restoran, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk rumah tinggal, lho! Apalagi plafon PVC juga mudah didapatkan. Dan bagi Anda yang tinggal di Purwakarta, ada Distributor Plafon PVC Purwakarta yang siap melayani kebutuhan Anda. 




Unggul dari Segi Kualitas


Biasanya, pemilik rumah memilik plafon gipsum, fiber semen, atau triplek untuk langit-langit. Walaupun harganya sekilas memang lebih terjangkau daripada plafon PVC, sebenarnya untuk jangka panjang plafon PVC justru lebih efisien dari segi biaya, lho!

Mengapa? Karena plafon PVC terbuat dari polyvinyl chloride yang kuat, kokoh, tidak mudah rusak, dan tahan lama. PVC sendiri juga merupakan bahan untuk pipa air juga, sehingga bisa Anda simpulkan dari sini bahwa plafon PVC pasti tahan air, kan? Kalau materialnya tahan air, tentu saja plafon PVC juga tahan lapuk karena tidak akan terpengaruh lingkungan yang lembap sekalipun.

Dengan begitu, plafon PVC bisa Anda gunakan dalam jangka panjang. Yang artinya, penggunaannya tentu akan lebih lama daripada plafon triplek, gipsum, atau fiber semen. Ditambah dengan perawatannya yang praktis, biaya yang Anda keluarkan untuk maintenance plafon PVC bisa dibilang nyaris nol. Soalnya, Anda hanya perlu mengelap permukaan plafon PVC dengan lap lembap atau campuran air dan sabun cuci jika sudah terlihat kotor.

Tampilan yang Cantik


Tak hanya berkualitas dan tahan lama, plafon PVC juga memiliki penampilan yang menarik sehingga tentu bisa meningkatkan nilai aestetika di dalam hunian Anda. Jika Anda kunjungi Distributor Plafon PVC Purwakarta, Anda bisa temukan banyak pilihan plafon PVC dengan permukaan yang tak hanya halus, tapi juga memiliki beragam pilihan warna yang cantik maupun motif yang unik.

Maka dari itu, daripada Anda mengecat ulang ruangan Anda yang serba putih atau krem dengan warna-warna terang yang belum tentu hasilnya sesuai keinginan, lebih baik Anda berikan sentuhan warna ke langit-langit saja. Mulai dari warna-warni terang, warna netral yang selalu “aman”, bahkan hingga motif kayu yang cantik, semua bisa Anda nikmati cukup dengan memasang plafon PVC.

Warna Lem Perekat Juga Berperan Penting


Dalam pemasangannya, plafon PVC umumnya juga membutuhkan lem perekat. Nah, lem perekat untuk plafon PVC ini tersedia dalam dua pilihan: lem perekat warna cerah dan lem perekat warna gelap. Untuk membantu memilih lem perekat mana yang pas, Anda perlu perhatikan warna plafon PVC yang akan dipasang.

Kalau Anda berencana memasang plafon PVC yang warnanya cerah, terang, dan/atau muda seperti putih, krem, kuning, dan pink, sebaiknya Anda pilih lem perekat yang warnanya juga cenderung cerah. Sedangkan jika Anda akan memasang plafon yang warnanya lebih ke shade gelap, pilihlah lem perekat yang warnanya juga cenderung gelap.

Mengapa? Karena serapi apapun pemasangan plafon PVC nantinya (bahkan dengan bantuan tukang profesional sekalipun), lem perekat selalu berisiko luber atau belepotan. Coba bayangkan kalau Anda menggunakan lem perekat terang pada plafon PVC gelap, atau lem perekat gelap pada plafon PVC terang; tentu akan terlihat kurang rapi, kan?

Pemasangan yang Mudah


Bicara soal pemasangan, plafon PVC sebenarnya terbilang mudah untuk dipasang, lho! Selain karena materialnya yang ringan dan desainnya yang berbentuk lembaran, plafon PVC biasanya didesain agar bisa dipasang dengan metode bongkar-pasang atau knock-down. Hanya saja, sebaiknya Anda lakukan pemasangan sendiri jika Anda memang sudah berpengalaman. Tujuannya tentu untuk memastikan bahwa hasil akhirnya benar-benar terlihat rapi dan aestetik.

Sedangkan bagi Anda yang belum berpengalaman, Anda bisa serahkan tugas ini kepada tukang profesional saja. Soal biaya, Anda tak perlu terlalu khawatir karena pemasangan plafon PVC bisa dilakukan dengan cepat sehingga biaya jasa tukang juga bisa dijaga agar tidak membengkak.

Kecermatan dalam pemasangan plafon PVC sangat dibutuhkan, terutama untuk memastikan bahwa tidak ada jarak antara lembaran panel satu dengan panel lainnya. Artinya, plafon PVC dipasang dengan rapat. Jika ada rongga antar panel, kotoran dan debu tentu akan lebih mudah masuk. Tak hanya itu saja, tetesan air hujan juga bisa merembes lewat ronga-rongga tersebut, yang tentu bisa mengakibatkan kebocoran.

Tak Hanya Kuat dan Cantik, tapi Juga Tingkatkan Keselamatan Keluarga


Sampai titik ini, Anda barangkali masih berpikiran untuk memasang plafon PVC demi segi keindahannya saja. Akan tetapi, tahukah Anda kalau sebenarnya plafon PVC juga bisa bantu meningkatkan keselamatan Anda dan seluruh anggota keluarga?

Material polymer yang terdapat di dalam plafon PVC merupakan material yang tahan api sehingga sulit terbakar. Oleh karena itu, apabila terjadi kebakaran di dalam rumah, plafon PVC bisa bantu menahan persebaran api karena membuat api jadi sulit merambat luas (flame retardant). Dengan begitu, Anda pun akan mendapatkan waktu ekstra untuk segera memadamkan api dan membawa anggota keluarga ke tempat yang aman.

Di samping itu, sifat plafon PVC yang flame retardant ini juga membuatnya jadi tidak mudah panas meskipun terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang terbilang lama. Oleh karena itu, Anda juga bisa pertimbangkan opsi untuk memasang plafon PVC baik itu untuk ruangan indoor maupun outdoor, seperti balkon, teras, atau patio.

Nah, melihat beragam fakta mengenai plafon PVC di atas, tentu bisa Anda simpulkan bahwa jenis plafon yang satu ini memang layak untuk jadi pilihan di rumah Anda, kan? Selain cantik, kuat, dan tak mudah rusak, plafon PVC bahkan juga bisa bantu menjaga keselamatan Anda dan keluarga saat ada risiko kebakaran di dalam rumah.

Oleh karena itu, Anda tak perlu lagi ragu untuk memilih plafon PVC untuk mempercantik langit-langit dan interior hunian Anda. Apalagi Anda bisa temukan beragam pilihan desain dan ukuran plafon yang Anda inginkan langsung dari Distributor Plafon PVC Purwakarta untuk jaminan kualitas yang memuaskan. Salah satunya adalah TB Raja Plafon PVC, yang punya koleksi plafon PVC berbagai warna, desain, dan ukuran untuk memenuhi kebutuhan maupun selera Anda.

Itu tadi rangkuman informasi mengenai fakta plafon PVC yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan informasi di atas Anda jadi bisa memutuskan apakah plafon PVC memang solusi yang Anda cari!