Distributor plafon PVC Purwakarta - Rumah Anda sedang mengalami masalah karena hujan maupun cuaca yang ekstrim ? Permasalahan karena hujan seperti atap bocor memang akan sangat menganggu. Apabila Anda sedang saat ini sedang mengalami atap rumah yang bocor sebaiknya segera untuk diperbaiki supaya tidak terjadi hal – hal yang lebih fatal lagi.



Jika Anda hanya menunggu dan tidak ada tindakan apapun maka sedikit demi sedikit bagian rumah Anda akan terkikis air dan bisa mengakibatkan terjadinya pengeroposan,  parahnya bisa berdampak sampai robohnya atap rumah plafon PVC minimalis di kemudian hari.  

Atap ini menjadi salah satu bagian rumah yang paling mudah terpengaruh oleh cuaca. Terkena sengatan panas matahari dan juga perubahan cuaca yang ekstrim selama bertahun-tahun bisa membuat atap lebih rentan dan mudah retak. Jika atap sudah mengalami keretakan, akan banyak sekali celah dimana air hujan bisa masuk dan mengakibatkan kebocoran. Agar dapat  mencegah kebocoran menjadi lebih parah, Anda dapat mengikuti cara mengatasi atap rumah  bocor model plafon PVC berikut ini. 

1. Lakukan Pemeriksaan Pada Titik Bocornya  


Tahapan pertama yang nantinya harus Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan pada titik yang bocor pada atap. Hal ini nantinya dapat dilakukan dengan cara menunggu hujan turun terlebih dahulu, supaya Anda bisa mengetahui titik kebocoran yang lebih akurat. 

Jika di rumah yang Anda miliki masih terdapat loteng, pemeriksaan kebocoran dapat dilakukan dengan lebih mudah. Anda juga dapat mencari noda air maupun jamur yang ada pada loteng rumah. Tandai titik – titik yang bocor, barulah Anda dapat melihat lokasi kebocoran yang ada pada atap. 

Jika nantinya, kebocoran yang ada pada atap sulit untuk ditemukan, Anda dapat meminta bantuan anggota kepada anggota keluarga yang lainnya untuk naik ke atap dan menyiram atap menggunakan bantuan selang air. Siram keseluruh bagian yang ada pada atap secara perlahan dan juga menyeluruh untuk mengetahui titik-titik bocor yang ada. 

2. Periksa Posisi dan Pergeseran di Atap  


Posisi atap yang nantinya bergeser bisa membuat air hujan menjadi lebih mudah untuk masuk ke dalam rumah. Periksa dengan teliti apakah terdapat atap yang posisinya tidak sesuai dan mengalami pergeseran. Geser posisi atap plafon PVC motif awan secara berhati-hati supaya tidak akan merubah posisi atap yang lain dan membuat kebocoran menjadi semakin besar. 

3. Bersihkan Sampah yang Ada di Atas Atap  


Sampah seperti daun kering, ranting pohon, dan yang lain sebagainya bisa memberikan menyumbat pada pipa pembuangan air yang terdapat di atap. Air hujan ini tidak akan bisa mengalir dengan baik dan membuat air menjadi meluap sehingga mengakibatkan kebocoran.  

Agar nantinya bisa untuk mencegah sampah yang menumpuk, Anda dapat secara rutin untuk memotong pohon yang sudah terlalu tinggi agar daun beserta ranting tidak akan jatuh ke dalam pipa pembuangan air yang terdapat di atap bangunan rumah. 

4. Ganti Atap yang Sudah Rapuh dan Rusak  


Atap merupakan salah satu bagian yang ada pada rumah paling sering terkena perubahan cuaca. Seiring dengan berjalannya waktu, atap juga akan mengalami banyak perubahan dan bisa menjadi lebih mudah untuk rapuh. Atap yang rapuh ini akan membuat air hujan menjadi lebih mudah untuk merembes masuk dan mengakibatkan kebocoran. Agar dapat mengatasinya, Anda juga dapat mengganti atap yang sudah rapuh dengan atap baru. 

5. Pasang Lapisan Plastik yang Ada di Bawah Atap  


Tips berikutnya untuk mengatasi atap plafon PVC kamar tidur yang bocor adalah dengan cara memasang lapisan plastik tebal di bawah atap. Harus selalu diperhatikan bahwa metode ini hanya memang hanya akan bersifat sementara. Karena seiring dengan berjalannya waktu, plastik dapat berubah menjadi rusak dan atap bisa kembali bocor.

Pada saat ada hujan angin, air hujan bisa dengan mudah untuk masuk ke dalam celah-celah yang ada di atap. Menggunakan metode pemasangan lapisan plastik di bawah atap dapat bermanfaat untuk menutup celah-celah kecil yang terdapat di atap dan membuat air hujan menjadi lebih sulit untuk masuk ke dalam. 

6. Lapis Atap dengan Cairan Waterproofing 


Cara mudah untuk mengatasi atap yang bocor selanjutnya ini memang cukup umum untuk dilakukan adalah dengan cara melapisi atap menggunakan cairan yang disebut dengan waterproofing. Pilihlah cairan waterproofing dengan tingkat resistance yang sangat baik dan dapat digunakan untuk berbagai jenis permukaan yang berbeda seperti atap sampai dak beton. 

Sebelum Anda melakukan waterproofing, pastikan terlebih dahulu cuaca memang sedang dalam keadaan yang cerah. Hal tersebut  dilakukan agar waterproofing ini dapat merekat dengan sempurna dan memberikan atap perlindungan yang baik dari masalah kebocoran. 

7. Perbaiki Keretakan Menggunakan Sealant  


Jika nantinya terjadi keretakan halus pada atap, Anda dapat memanfaatkan sealant untuk menutup keretakan yang terjadi tersebut. Aplikasikan sealant secukupnya saja pada bagian atap yang mengalami keretakan, lalu biarkan untuk beberapa jam sampai mengering dengan sempurna. Setelah mengering, barulah Anda dapat mengaplikasikan kembali sealant untuk memastikan retak tertutup dengan baik dan sempurna. 

8. Periksa dan Perbaiki Atap yang di  Dempul 


Apabila atap motif plafon PVC terbaru di rumah memang sudah sering diperbaiki, maka akan terlihat banyak sekali dempulan pada atap yang memang umumnya sudah ditutupi oleh cairan anti bocor. Dempulan yang ada pada atap hanya bersifat sementara dan mudah  terkikis oleh air hujan.  

Dempulan yang sudah terkikis air ini akan muncul pori-pori halus yang menjadi tempat masuknya air hujan. Segera untuk dempul ulang bagian yang sudah terkikis agar bisa mencegah air hujan merembes masuk ke dalam rumah Anda. 

9. Perbaiki Penghalang Hujan dan Ventilasi Pada Atap

 
Di atap rumah yang berasal dari TB Raja Plafon PVC umumnya akan terdapat lubang-lubang yang nantinya akan digunakan sebagai ventilasi udara pada rumah Anda. Agar bisa mencegah air hujan merembes masuk, lubang ventilasi ini biasanya akan dihalangi dengan menggunakan atap maupun terpal. Atap maupun terpal yang nantinya digunakan untuk menghalangi lubang ventilasi dari terpaan air hujan kemungkinan akan terlepas atau mengalami kerusakan, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran yang cukup parah.

Periksa pada bagian ventilasi yang ada di atap, perhatikan apakah atap maupun terpal yang melindungi lubang ventilasi dari terpaan air masih dalam keadaan yang bergeser atau tidaknya. Segera perbaiki maupun mengganti atap penghalang lubang ventilasi yang mengalami kerusakan tersebut.

Itulah pembahasan kita terkait dengan mengenai mengatasi rumah bocor ketika musim penghujan akan tiba, agar tidak merembes dan bisa membuat rumah menjadi mudah rusak. Semoga artikel kali ini bisa untuk membantu Anda dalam mengatasi kebocoran atap dan mencegah agar atap rumah tidak bocor untuk di kemudian hari.