Plastik menjadi salah satu bahan yang sangat umum digunakan karena beberapa alasan. Bahan tersebut umumnya murah, memiliki daya tahan dan usia pakai yang cukup panjang serta mudah dirawat. Spesifikasi tersebut membuat banyak bahan plastik sangat umum dipakai untuk beragam keperluan seperti jenis-jenis produk PVC yang digunakan untuk kebutuhan rumah mulai dari perpipaan, lantai hingga atap. 



Apa itu plastik PVC? Nama jenis plastik ini terbilang sangat biasa didengar ketika membicarakan pembangunan rumah. Plastik PVC bahkan digunakan lebih luas lagi karena jenis bahan plastik ini memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan beberapa jenis plastik yang lain.

Mengenal Plastik PVC


PVC merupakan sebutan yang berasal dari singkatan Polyvinyl Chloride yang kadang juga disingkat dengan menyebutnya sebagai vinyl saja. Plastik PVC merupakan salah satu jenis plastik polimer yang mulai dikenal luas dan banyak dipakai sejak pertengahan abad 20 lalu dan saat ini sudah ada begitu banyak ragam jenis produk PVC yang umum digunakan.

PVC merupakan salah satu dari 3 jenis polimer plastik paling banyak dipakai oleh umat manusia pada saat ini. Jenis polimer pertama yang paling banyak adalah Polyethylene dan yang kedua adalah Polypropylene. Sedangnya Polyvinyl Chloride merupakan jenis plastik ketiga yang paling populer dan umum digunakan.

PVC pertama kali disintesa oleh ahli kimia jerman Eugen Baumann pada tahun 1872. Akan tetapi baru mulai populer setelah formula tersebut disempurnakan oleh Waldo Semon dan perusahaan Goodrich Company pada tahun 1926 melalui penambahan beberapa bahan lain untuk menjadikan PVC sebagai plastik yang lebih fleksibel serta mudah diproses. Hal itulah yang menjadikan PVC kemudian sangat populer sebagai sebuah bahan plastik komersial.

Lebih dari 50% penggunaan plastik PVC ada pada bidang konstruksi atau bangunan. Sifat – sifat jenis plastik ini memang sesuai untuk digunakan pada bidang tersebut. Plastik PVC memiliki sifat cukup keras sekaligus elastis. Selain itu juga memiliki sifat insulator terhadap listrik meski tidak tahan terhadap panas yang tinggi ataupun api.

Salah satu sifat utama yang menjadi keunggulan PVC adalah tahan dan tidak mengalami reaksi kimia ketika bersentuhan dengan asam, garam, lemak dan alkohol. Sifat inilah yang kemudian menjadikan PVC sangat populer digunakan sebagai bahan pipa untuk distribusi air ataupun mengalirkan limbah.

Sifat baik itu juga yang menjadi alasan PVC kemudian digunakan sebagai bahan untuk membuat plafon. Beragam produk plafon dengan bahan PVC bisa diperoleh melalui Distributor Plafon PVC Purwakarta yang terpercaya.

Kelebihan Penggunaan Bahan PVC


Secara umum, plastik PVC memiliki dua varian yang paling umum digunakan berupa PVC fleksibel atau plasticised PVC. PVC jenis ini diperoleh melalui penambahan aditif yang mampu meningkatkan ketahanan dan fleksibilitas meski menurunkan tingkat kristalinitas PVC. Sedangkan yang kedua adalah PVC kaku yang memiliki sifat kaku dan tahan terhadap benturan, pelapukan serta korosi. PVC jenis ini kadang disebut dengan sebutan UPVC.

Karakteristik utama dan kelebihan produk PVC menjadikan bahan ini sangat umum digunakan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi atau bangunan antara lain adalah :

1. Tahan Lama


Daya tahan PVC yang baik diperoleh dari sifat – sifatnya yang tahan pelapukan karena korosi serta pelapukan akibat reaksi kimia lain. Plastik ini juga tahan terhadap gesekan sehingga sering dipakai untuk penggunaan luar ruangan.

2. Murah


Sifat fisik dan mekanis yang baik dari bahan ini bisa diperoleh melalui proses pembuatan serta bahan yang murah. Selain itu bahan plastik PVC juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Hasilnya adalah bahan yang murah dan tidak membutuhkan biaya tinggi dalam pemeliharaannya.

3. Resistensi


Sifat resisten yang dimiliki plastik PVC terhadap aliran listrik dan bahan – bahan kimia yang biasanya memicu reaksi kimia seperti asam, garam dan alkali.

4. Tidak Mudah Terbakar


Plastik PVC terbilang lebih sulit terbakar jika dibandingkan dengan bahan – bahan plastik lain. Sifat ini diperoleh karena PVC memiliki kandungan klorin yang tinggi.

Sifat – sifat tersebut membuat PVC menjadi bahan yang sangat fleksibel penggunaannya, terutama di bidang konstruksi ataupun penggunaan pada bagian interior rumah. Salah satu penggunaan PVC yang paling umum adalah digunakan sebagai pilihan bahan perpipaan. Mayoritas pipa yang digunakan untuk distribusi air ataupun instalasi listrik menggunakan bahan PVC.

Bahan PVC kini juga semakin sering digunakan untuk keperluan lain seperti untuk plafon rumah. PVC untuk plafon kini bisa dikatakan menjadi salah satu dari jenis-jenis produk PVC yang umum digunakan setelah sebelumnya lebih umum digunakan sebagai bahan perpipaan ataupun talang.

Bahan PVC Sebagai Solusi Plafon Rumah


Penambahan bagian plafon pada sebuah rumah memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan keamanan, kebersihan dan tentu saja membuat penampilan interior rumah menjadi lebih menarik. Bagian plafon yang dahulu lebih sering dibuat dengan menggunakan bahan tripleks, fiber semen ataupun gipsum, kini mulai dirambah oleh bahan PVC.

Plafon PVC memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan bahan – bahan plafon yang sebelumnya lebih sering digunakan. Salah satu distributor plafon PVC yang menyediakan beragam produk plafon berbahan PVC adalah TB Raja Plafon PVC. Plafon dengan bahan PVC semakin banyak digunakan karena memiliki kelebihan – kelebihan berupa :

1. Bebas Rayap


Berbeda dengan plafon berbahan tripleks yang berisiko tinggi dimakan oleh rayap karena berbahan organik, plafon PVC yang terbuat dari plastik tidak akan dimakan oleh rayap. Hal ini merupakan salah satu manfaat produk PVC sebagai bahan bangunan yang aman dari masalah oleh rayap.

2. Tahan Bocor


Bahan plastik PVC merupakan bahan yang memiliki pori – pori sangat rapat sehingga tidak akan tembus oleh air. Hal ini menyebabkan plafon PVC memberi perlindungan kedua dari kebocoran ketika genting atau atap yang berada di atasnya bocor.

3. Kuat dan Tahan Lama


Plafon PVC juga jauh lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan plafon berbahan tripleks ataupun gypsum yang mudah pecah atau rusak ketika terkena air dan kelembaban. Plafon berbahan PVC juga lebih fleksibel serta ringan dengan tidak kehilangan kekuatan serta daya tahan terhadap tekanan atau benturan.

4. Pemeliharaan Mudah


PVC yang memiliki pori sangat kecil dengan permukaan yang halus membuat debu atau partikel – partikel halus tidak mudah menempel pada bahan tersebut. Hal ini membuat kebutuhan perawatan dari plafon PVC menjadi sangat mudah karena cukup dibersihkan dengan sapu atau kain.

5. Finishing yang Mudah dan Menarik


Plafon berbahan PVC juga bisa diberi sentuhan akhir atau finishing yang menarik. Selain itu ada beberapa warna yang bisa dipilih sejak awal ketika memilih bahan plafon PVC yang diinginkan. Terdapat efek glossy atau doff yang juga bisa dipilih untuk menyesuaikan keinginan atau desain interior rumah yang sudah ada.

Itulah beberapa kelebihan PVC ketika digunakan sebagai bahan untuk membuat plafon rumah. Kelebihan – kelebihan tersebut membuat plafon PVC menjadi salah satu dari jenis-jenis produk PVC yang selama ini lebih umum ditemui. Plafon PVC memberi banyak keuntungan dari berbagai kelebihan yang melekat pada bahan tersebut.